Rabu, 30 November 2011

sepeda fixie


Bersepeda mulai jadi hobi asyik yang dilirik banyak orang.
ada lagi nih jenis sepeda baru yang hip banget, sepeda fixie. Warnanya ngejreng plus bisa kita utak atik sesukanya. Pasti bikin jatuh hati deh.

Fixie History
Awalnya, sepeda fixie hanya digunakan untuk perlombaan di velodrom atau track bike. Kemudian, para mantan atlit track bike yang berasal dari Jamaika berimigrasi ke New York. Kebanyakan dari mereka bekerja sebagai kurir. Untuk menembus kemacetan dan menghemat waktu, mereka memilih untuk menggunakan sepeda fixie. Kehidupan para kurir yang bebas aturan menarik perhatian anak-anak gaul New York yang kemudian ikut menggunakan fixie. Termasuk parafashionista yang menjadikan fixie sebagai fashion statement. Akhirnya... berkat ketenaran mereka di internet, fixie yang gaya ini pun masuk ke Indonesia.


 Yang bikin beda dari sepeda lain
·         Sepeda fixie jauh lebih simplespare part pentingnya pun hanya frame dan roda. Pokoknya, semakin sedikit komponen yang dipasang, fixie bakal terlihat semakin keren.
·         Kita bisa mengecat sendiri frame dan roda fixie kita dengan warna apa pun yang diinginkan. Jadi, sepeda kita bakal jadi 'kita banget'!
·         Sepeda fixie adalah tipe fixed-gear, artinya sepeda fixie ini punya roda belakang yang bersifat tetap. Roda akan terus berputar selama pedal ikut berputar. Ketika kita memutar pedal ke arah depan, sepeda akan maju. Begitu sebaliknya. Kebanyakan sepeda fixie enggak memiliki rem. Kita bisa mengerem dengan hanya mengandalkan kekuatan pedal alias menahan laju atau mendorong pedal ke belakang.
·         Fixie memiliki ukuran ban lebih tipis. Sepeda ini pun jadi lebih ringan untuk dikayuh. Ukuran ban yang dipakai sekitar 700 c dengan warna ban dan velg yang bisa dipilih sesuka hati.
·         Kita bisa menggunakan frame dari sepeda MTB, atau low rider. Tapi banyak frame fixiediambil dari model sepeda balap dengan gardu depan yang pipih. Biasanya, fixie menggunakan frame dari besi atau alumunium yang lebih ringan. 


Sepeda Fixie Single Gear
Beli jadi, menghemat waktu dan tenaga, harga tergantung hati dan budget. Pilihan ini baik untuk mereka yang belum memiliki rangka sepeda atau tidak mau repot. Harga relatif lebih mahal, dan komponen umumnya lebih bermutu. Harga sepeda Fixie untuk minimum dengan komponen seadanya dapat mencapai 1.5 juta. Harga sepeda Fixie yang cukup lumayan sekitar 2.5 juta atau lebih. Sedangkan harga sepeda Fixie rakitan tipe generic dengan komponen cukup baik mencapai 2.5 juta – 3 juta (sudah turun 18 Januari 2011). Tipe sepeda fixie bermerek umumnya berada di atas 4 juta, tergantung komponen yang sedang in.Merakit atau modifikasi dari sepeda bekas. Yang ini lebih repot, tetapi ketika jadi akan memenuhi hati pemiliknya. Beli dari rangka kosong sudah banyak dijual, atau bisa memilih rangka polos dan di cat sendiri. Bisa juga mengunakan frame sepeda balap lama. Komponen dari roda dilepas dan
diganti dengan komponen sepeda Fixie yang simpel. Untuk ukuran frame sepeda balap tua umumnya masih bisa dipakai, rata rata sepeda Fixie dirancang untuk ban 700C. Jadi bisa saja sepeda jenis road bike lama memasukan hub jenis 700c yang lebih kecil. Ingin meninggalkan sejarah pada sepeda, boleh juga mempertahankan bagian stang road bike. Sisanya boleh di modifikasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar