Rabu, 30 November 2011

TIPS MERAKIT SEPEDA FIXIE

Sepeda Fixie merupakan ‘desain’ sepeda dengan kelengkapan komponen paling simpel sepertinya, jika dibanding jenis sepeda lainnya. Tanpa Tuas, kabel dan perangkat pengereman, tanpa shifter, derailleur dan cassete pengatur kecepatan. Populasinya semakin bertambah seiring meningkatnya jumlah hobiis sepeda jenis ini. Karena ke-simpel-annya, banyak rekan hobiis tertantang untuk ‘membangun’ sendiri sepeda fixie impiannya.
Untuk merakit sepeda fixie, anda harus mempersiapkan beberapa komponen utama, diantaranya frame, whell set, handlebar dan stem, fork, seat post dan sadel, crank pedal, chain dan sproket/fixed gear. Pilihan komponen ini dapat disesuaikan dengan selera/keinginan Sobat, misal soal warna dan desain tiap bagian komponen.

Sobat juga bisa lebih kreatif dengan modal pas-pasan, sebuah sepeda fixie bisa dibangun dari sepeda on-road lama yang sudah tidak terpakai lagi. Dengan mengganti crank dan sproket/cassete nya menjadi single speed fixed gear, sebuah sepeda balap on-road lama pun berubah menjadi sosok fixie, tinggal poles warna saja deh…
Adapun kebutuhan untuk merakit sebuah sepeda fixed gear mulai dari nol, kami rangkumkan sebagai berikut:
·         Frame
·         Fork
·         Handle bar
·         Grip
·         Stem
·         Headset
·         Crank
·         Bottom Bracket
·         Cog
·         Pedal
·         Strap&toe; clips (opsional)
·         Sadel
·         Seat post
·         Rims
·         Hub
·         Spoke
·         Tire
·         Inner tube
·         Rantai

Jika anda cerdas dalam memilih komponen bukan tidak mungkin budget yang anda butuhkan untuk merakit sebuah sepeda fixie akan sangat murah namun jika anda memilih komponen yang berkualitas tentu saja harga nya mahal. jadi pintar2 lah untuk memilih komponen sepeda fixie idaman anda.
Soal Komponen, saat ini sudah banyak komponen sepedah fixie yang dijual baik secara online ataupun offline di pasaran. Sobat tinggal pilih,  beli sepeda fixie full bike? atau merakit sendiri?

Apakah anda tertarik??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar