Jumat, 02 Desember 2011

DAFTAR KENDARAAN PENYEBAB POLUSI


1. Bajaj Roda Tiga Berbahan Bakar Bensin
Kendaraan ini lebih dikenal sebagai “kendaraan Tuhan” karena cuma sopir dan Tuhan saja yang tau kapan mau belok. Ini juga kendaraan no.1 yang paling dimusuhi pengendara sepeda motor (bikers). Asapnya luar biasa banyak kayak bakaran sampah. Belum lagi suara bisingnya kayak kaleng rombeng. Trus paling ngeselin kalo dia ngambil jalur motor, bakalan disemprot asap dah tuh motor yang dibelakangnya. Mau marah ama sopirnya kasian soale orang susah hihihi.

Saat ini sudah ada beberapa bajaj berbahan bakar gas yang ramah lingkungan. Sayang, jumlahnya masih terlalu sedikit dibanding bajaj bensin. Saya berharap Fauzi Bowo yang konon ahli dalam menangani jakarta membuktikan ucapannya untuk segera mengganti bajaj bensin dengan gas. Entah bagaimana caranya mungkin dengan cara disubsidi agar pemilik bajaj tidak berat dari sisi keuangan. Percuma dong duit Pemda banyak tapi gak buat nolong rakyat.

2. Yamaha RX-King : Dikenal sebagai motor jambret karena sering dipakai oleh penjahat. Mungkin inilah motor dengan “dosa” terbanyak : asapnya maknyus, suaranya berisik, sering dipake penjahat pula. Boleh dibilang tiap kali ketemu motor ini 95% pasti asepnya kayak bakaran sampah.

3. Yamaha F1ZR : Yamaha ternyata produsen motor paling hobi bikin polusi udara. Boleh dibilang tiap kali ketemu motor ini 95% pasti asepnya kayak bakaran sampah.

4. Suzuki Tornado GS : Untuk suzuki, motor tipe ini yang paling banyak mengeluarkan asap polusi.

6. Vespa : Untuk jenis motor ini masih cukup berimbang antara yang asapnya tebal dan bebas asap. Biasanya motor yang usianya sudah tua yang menimbulkan polusi. Tidak hanya polusi udara namun juga suara bising kerap ditimbulkan oleh motor vespa yang telah mengalami banyak modifikasi.

7. Isuzu Panther : Mobil ini punya slogan Pake Panther…. Pinter Pake Panther… Klenger. Kebanyakan panther yang polusi adalah keluaran lama. Tapi panther keluaran terbaru cukup sering juga saya melihatnya mengeluarkan asap tebal. Hemat sih hemat… tapi kalo merusak bumi buat apa toh?

8. Metro Mini, Kopaja, Bis Mayasari, Patas/PPD dan sejenisnya : angkot merupakan penyumbang terbesar polusi di Jakarta. Boleh dibilang 70% polusi di sumbang oleh angkot. Saya memprediksi 98% metromini dan kopaja saat ini boleh dibilang tidak ada yang tidak ngebul asapnya. Pernah sih saya melihat sekali saja ada metromini yang tidak mengeluarkan asap tebal. Cukup kagum saya dibuatnya waktu itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar